Selasa, 30 Agustus 2011

MEMILIH AIR MINUM ISI ULANG


LPKSM-YKM Pemalang mengingatkan perlunya masyarakat mengetahui ciri-ciri air minum yang sehat dan aman dari depot air minum isi ulang untuk dikonsumsi.
Ada beberapa depot air minum yang beredar, di antaranya depot air minum isi dalam kemasan, depot isi ulang air minum, beroksigen, air reverse osmosis, dan heksagonal. Konsumen perlu mengetahui air minum mana yang sehat dan aman untuk diminum. Pada dasarnya air minum isi yang sehat untuk diminum, secara fisik tak berwarna, tidak berbau dan tidak memiliki rasa tertentu,”

Secara biologis, air minum isi ulang tersebut juga tidak mengandung mikroba pathogen dan secara kimia tidak mengadung logam berat.
selain perlunya konsumen memiliki pengetahuan mengenai ciri-ciri air sehat dan air reverse osmosis, ada cara untuk memilih depot air minum isi dalam kemasan yang banyak tersedia di pasar.Di antaranya dengan memilih tempat penjualan air minum isi ulang dan depot air minum. 
“Jangan membeli (air minum) di sembarang depot air minum isi ulang dan kemasan super hebat serta harga supermarket, karena isi ulang air minum itu semua belum tentu terjamin baik,” kita perlu mencermati labelnya, apakah tercantum alamat produsen dan depot isi ulang air minum, komposisi, proses yang dipakai untuk sterilisasi, dan petunjuk penyimpanannya.
“Cek juga keutuhan segel air minum serta lihatlah kualitas air minum isi secara fisik, yakni kejernihan, bau serta warnannya. Untuk memastikan hal tersebut bisa dilakukan uji kimiawi di laboratorium,”
Sesuai dengan Kepmenkes No. 907/MENKES/SK/VII/2002. Untuk menjaga keamanan kualitas air minum isi ulang, LPKSM-YKM Pemalang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab. Pemalang akan melakukan  pengawasan secara rutin guna meningkatkan higiene sanitasi depot.

0 komentar:

Poskan Komentar

berikan komentar anda

 
Copyright (c) LPKSM-YKM PEMALANG - Blogger Templates created by BTemplateBox.com - Css Themes by metamorphozis.com